Skip to main content

Contoh Proposal dan Desain Pesan Acara Televisi


Kata Pengantar
Alhamdulillah dengan rasa syukur kehadirat Allah SWT yang dengan rahmat dan inayah-Nya, sehingga kami dapat menyeleseaikan suatu program acara televisi, yang didalamnya kami sajikan informasi berupa cerita perantau, yang kami kemas dalam bentuk feature.
Pada program ini dimaksudkan agar masyarakat mengetahui perjuanagan mahasiswa yang berasal dari luar negeri dalam menuntut ilmu, dan juga dimaksudkan agar masyarakat mengetahui bahwa Indonesia juga termasuk negara yang banyak diminati dalam bidang pendidikan, yang dibuktikan dengan banyaknya pelajar yang di Indonesia yang berasal dari luar negeri.

Program ini kami desain dengan menghidangkan bahasa/pesan yang sederhana, mudah dipahami dan mengerti. Isinya sederhana tetapi sangat dalam.
Oleh karena kesederhanan tersebut kami sangat mengharapkan tegur sapanya, dari pihak manapun, untuk perbaikan program pada program yang akan datang, dan sebelumnya kami ucapkan terima kasih.












BAB I
PENDAHULUAN
A.Latar Belakang
Selama ini masyarakat Indonesia merasa pesimis akan pendidikan dan penagajaran di negeri ini. Merasa sangat terbelakang dibanding dengan dengan negara-negara lain terutama dalam hal ilmu agam Islam. Masyarakat Indonesia kebanyakan tidak mengetahui seberapa besar kualitas pendidikan kita dimata dunia. Yang mana ditandai dengan seberapa banyak pelajar kita yang berasal dari luar negeri. Sebagai contoh pelajar mahasiswa asal Negara Thailand, yang akan menjadi bahan perbincangan pada program ini. Pendirian program ini juga dilatar belakangi oleh semangat para pelajar yang semakin merosot, karena kurangnya motifasi yang akan bisa membangkitkan kembali semangat belajar.
Untuk itu, melalui media televisi, yang merupakan media paling diminati masyarakat umum maupun para pelajar, dan merupakan media yang paling efektif untuk menyampaikan informasi, maka kami berusaha menyajikan informasi dalam bentuk feature, tentang Profile komunitas mahasiswa Thailand, yang diharapkan akan mampu memberi pengetahuan kepada masyarakat dan menjadi inspirasi bagi para pelajar Indonesia.

B.Tujuan
1. Memberikan informasi yang menarik bagi masyarkat
2. Merubah pandangan masyarkat yang sangat pesimis tentang kualitas pendidikan (agama Islam) di Indonesia
3. Memberikan inspirasi bagi para pelajar di negeri ini




BAB II
RANCANGAN PRODUKSI
A.DESIGN PROGRAM
1.       NAMA MATA ACARA                : PROFIL KOMUNITAS MAHASISWA THAILAND
2.      FORMAT ACARA                         : FEATURE
3.      SUB FORMAT                                : STATEMEN
4.      DURASI                                           : 7 MENIT
5.      TUJUAN                                          : UNTUK MEMBERIKAN INFORMASI MENJADIKAN INSPIRASI / MOTIFASI                                                 
6.      FREKUENSI PENYIARAN         : SETIAP MINGGU
7.      TARGET AUDIENCE                  : 17-40 TAHUN
8.      KARAKTERISTIK PRODUKSI: REKAMAN (RECORDED),   ONE CAMERA

A.    DESIGN PRODUKSI
1.      JUDUL ACARA                            : PROFIL KOMUNITAS MAHASISWA THAILAND
2.      MATERI
a.      PETA DAN KONDISI ALAM PATANI (BAGIAN DAERAH SELATAN THAILAND)
b.      MASYARKAT PATANI
c.       PETANI KARET PATANI
d.      ORANG NAIK PESAWAT
e.       SUASANA KOTA BANDUNG, JAKARTA, YOGYAKARTA
f.       GEDUNG-GEDUNG KAMPUS DI YOGYAKARTA
g.      ORANG MEMBAWA BENDERA THAILAND MASUK KE KAMPUS UIN SUNAN KALIJAGA
h.      MAHASISWA THAILAND BERKUMPUL DI ASRAMA
i.        MAHASISWA THAILAND BERAKTIFITAS DI KAMPUS
j.        SEORANG MAHASISWA THAILAND BERINTERAKSI DENGAN TRANSLATER
k.      MAHASISWA THAILAND TERLIHAT KESULITAN DI KELAS
l.        MAHASISWA THAILAND MELOMPAT BERSAMA

      
3.  WAKTU SIARAN                           : JAM 11.00-12.00
4. NARA SUMBER                              :
a.  MAHASISWA UIN SUNAN KALIJAGA
b. DOSEN UIN SUNAN KALIJAGA

5. KERABAT KERJA            
a.      PRODUCER                              : HARTANTO ARDI SAPUTRA
b.      REPORTER 1                           : FOLY AKBAR
c.       PENULIS NASKAH                 : MUHAMMAD RIVAI NS KAPPU
d.      PROGRAM DIRECTOR        : M. CHOLIL
6.  ANGGARAN                              
NO
PENGELUARAN
JUMLAH
TOTAL
KETERANGAN
1
DVD BLANK
2 UNIT
RP. 10.000
UNTUK SEMUA PENGELUARAN BIAYA DIPEROLEH DARI IURAN
2
TEMPAT KASET
2 UNIT
RP.   3.000
3
MAKAN CREW
4 ORANG
RP. 50.000
4
TRANSPORTASI
3 MOTOR
RP. 30.000
5
CETAK PROPOSAL
6 JILID
RP. 18.000

7.  PERALATAN PRODUKSI                       
NO
JENIS PERALATAN
TYPE
JUMLAH
1
DSLR

1 UNIT
2
LAPTOP

1 UNIT
3
DVD BLANK

2 UNIT

8.  SARANA PENDUKUNG                          
BERDASARKAN SURVAI YANG TELAH PRODUCER LAKUKAN, KEBUTUHAN YANG HARUS DIBAWA CREW SBB:
a.      SEPEDA MOTOR
b.      KAMERA ( DOKUMENTASI )
c.       MANTEL
d.      PAYUNG
e.       PERALATAN TULIS

9.  JADWAL KEGIATAN                 
NO
KEGIATAN
TANGGAL
1
RISET AWAL
23 NOVEMBER 2012
2
PERENCANA PRODUKSI
26 NOVEMBER 2012
3
PERTEMUAN PRODUKSI 1
28 NOVEMBER 2012
4
PERTEMUAN PRODUKSI 2
30 NOVEMBER 2012
5
PRODUKSI
a.      WAWANCARA KHAMID MARZUKI (MAHASISWA)
b.      WAWANCAR Bpk. ARIF MAFTUHIN (DOSEN UIN SUKA)

1 DESEMBER 2012

1 DESEMBER 2012
3 DESEMBER 2012
6
PERTEMUAN PRODUKSI
4 DESEMBER 2012
7
PENULISAN NASKAH AWAL
4 DESEMBER 2012
8
PRODUKSI ATAU SHOOTING
a.      PETA DAN KONDISI ALAM PATANI (BAGIAN DAERAH SELATAN THAILAND)
b.      MASYARKAT PATANI
c.       PETANI KARET PATANI
d.      ORANG NAIK PESAWAT
e.       SUASANA KOTA BANDUNG, JAKARTA, YOGYAKARTA
f.       GEDUNG-GEDUNG KAMPUS DI YOGYAKARTA
g.      ORANG MEMBAWA BENDERA THAILAND MASUK KE KAMPUS UIN SUNAN KALIJAGA
h.      MAHASISWA THAILAND BERKUMPUL DI ASRAMA
i.        MAHASISWA THAILAND BERAKTIFITAS DI KAMPUS
j.        SEORANG MAHASISWA THAILAND BERINTERAKSI DENGAN TRANSLATER
k.      MAHASISWA THAILAND TERLIHAT KESULITAN DI KELAS
l.        MAHASISWA THAILAND MELOMPAT BERSAMA

9
PENULISAN NASKAH FINAL
5 DESEMBER
10
PASCA PRODUKSI
a.         PREVIEW
b.        PENULISAN EDITING LIST
c.         EDITING, MIXING
d.        PRESENTING, EVALUASI


10.            SINOPSIS, RUNDOWN, SCRPIT
                   ( TERLAMPIR )





BAB III
DESIGN PESAN

A.    TOPIC                                         : PROFIL KOMUNITAS MAHASISWA THAILAND             
B.     ORGANISASI PESAN              : DEDUKTIF ( UMUM KE KHUSUS )
C.    FORMAT                                                : FEATURE PROFIL
D.    BENTUK PESAN                      : PERSUASIF DAN INFORMATIF
E.     STRUKTUR PESAN                : PIRAMIDA TERBALIK
                                                          
WHERE
                                                      WHAT
                                                      HOW
                                                      WHO
                                                     
WHY


                                                      WHAT




KETERANGAN
a.       Where             : Menceritakan daerah Patani di selatan Thailand, yang merupakan daerah asal mahasiswa Thailand yang berada di Indonesia.
b.      What               : Cerita yang kami kemas dalam bentuk feature
c.       How                : Menjelaskan mengenai perjalanan mahasiswa Patani hingga sampai di Indonesia (UIN SUKA)
d.      Who                : Mahasiswa asal Patani (Selatan Thailand)
e.       Why                : Mengapa mahasiswa asal Thailand, memilih untuk kuliah di Indonesia (UIN SUKA YOGYAKARTA)
f.       What               :  Motifasi yang diberikan untuk para pelajar dalam negri.
F.     RUNDOWN ( TERLAMPIR )
G.    SINOPSIS ( TERLAMPIR )
H.    NASKAH ( TERLAMPIR )














BAB IV
PENUTUP
Demikian proposal ini kami buat, semoga dapat bermanfaat bagi pembaca ataupun bagi diri kami sendiri sebagai gambaran desaign pesan sebuah acara televisi dalam format feature tentang semangat mahsiswa Thailand, untuk menuntut ilmu di Negeri sebrang. Selain itu, diharapkan semoga proposal ini yang tujuan pertama sebagai wujud untuk memenuhi tugas kuliah,  dapat kami apresiasikan dalam suatu kegiatan nyata. Oleh karena itu kritik dan saran dari dosen pengampu terhadap proposal yang kami buat. Karena proposal ini kami anggap masih kurang sempurna dan membutuhakan masukan serta koreksi.

                                                                                                            Yogyakarta,6 Desember 2012
                                                                                                                        Produser,

                                                                                                                    Hartanto Ardi Saputra
Lampiran.
Treatmen TV



TREATMENT
The Television Product
Categori
Information
Format
Feature
Ide
Komunitas
Topic
Profil komunitas mahasiswa Thailand
Angle
Perjalanan mahasiswa Thailand hingga sampai di UIN Sunan Kalijaga
Judul
Mengejar ilmu hingga ke negeri seberang
Duration
7’
Reporter
Muhammad Riva’i NS Kappu


No
Video
Audio
Durasi
1
Id’s station
Id’s station tune
5
2
Id’s program
Id’s program tune
10
3
Geliat perantau
Ilustrasi musik
15
4
Gambar peta dan kondisi alam patani.
Mengenalkan alam patani.
30
5
Gambar masyarakat patani
Konflik antara patani dan pemerintah thailand.
30
6
Gambar petani karet patani.
Perilaku diskriminasi yang dialami masyarakat patani. Termasuk sektor pendidikan.
30
7
Soundbite
Nama
Mahasiswa thailand
Kutipan langsung
15
8
Orang naik pesawat.
Mahasiswa patani belajar ke luar negeri.
20
9
Suasana kota bandung, jakarta, yogyakarta
Persebaran mahasiswa thailand di 3 kota besar.
20
10
Gedung-gedung kampus di yogyakarta
Memetakan persebaran mahasiswa selatan thailand di Yogyakarta
25
11
orang membawa bendera Thailand masuk UIN Sukijo.
Deskripsi seputar mahasiswa Thailand yang di UIN(jumlah, fakultas)
20
12
Mahasiswa Thailand berkumpul di asrama
Uraian tentang komunitas patani DIY
30
13
Mahasiswa patani beraktifitas di kampus
Alasan memilih UIN Sukijo
20
14
Seorang mahasiswa thailand berinteraksi dengan translater
Menceritakan proses adaptasi.
30
15
Mahasiswa thailand terlihat kesulitan di kelas.
Menceritakan kesulitan mengikuti proses belajar di UIN
30
16
Soundbite
Nama
Mahasiswa thailand
Mengungkapkan kegelisahan, kesulitan dan keluhan.
20”
17
Soundbite
Nama
Mahasiswa UIN indonesia
Tanggapan teman-teman menyambut mahasiswa thailand.
20”
18
Soundbite
Nama
Dosen
Tanggapan dosen dalam mengajar mahasiswa thailand
20”
19
Mahasiswa thailang melompat bersama.
Uraian kesimpulan, dan cita-cita mereka ke depan.
30”
Total Durasi
7’






Script TV



SCRIPT
The Television Product
Categori
Information
Format
Feature
Ide
Komunitas
Topic
Profil komunitas mahasiswa Thailand
Angle
Perjalanan mahasiswa Thailand hingga sampai di UIN Sunan Kalijaga
Judul
Mengejar ilmu hingga ke negeri sebrang
Duration
7’
reporter
Muhammad riva’i NS kappu

No
Visual
Audio
Dur
1
Id’s station
Id’s station music
5
2
Id’s program
Id’s program music
10
3
Cue:geliat perantau
Backround music
15
4
Tape start/roll
Sound On VTR

5
Gambar peta dan kondisi alam patani.
Patani merupakan daerah yang paling subur dibandingkan wilayah lainya di thailand// dengan kesuburan tersebut/ patani menjadi wilayah penghasil karet terbesar di thailand// Wilayah yang berada di thailand selatan tersebut/di dominasi umat muslim// umat yang menjadi minoritas di negeri gajah putih//Letak geografis yang dekat dengan malaysia membuat mayoritas penduduk patani berbahasa melayu//
30
6
Gambar masyarakat patani
Perbedaan agama/budaya dan bahasa/ membuat masyarakat patani menghendaki berdirinya negara sendiri// namun karena kekayaan sumber daya alam yang melimpah/ pemerintah thailand menolak untuk melepas wilayah tersebut// kondisi tersebut menyulut lahirnya konflik berkepanjangan antara penduduk patani dengan pemerintah thailand //
30
7
Gambar petani karet patani.
Berbagai perilaku diskriminatif/kerap dialami masyarakat patani// mulai dari segi politik/ pembangunan/ agama hingga pendidikan//sebagai contohnya/ dengan wilayah yang sangat luas/pemerintah thailand hanya mendirikan 3 universitas saja/ itupun hanya fakultas umum/// padahal bayak masyarakat yang menghendaki berdirinya universitas islam//
30
8
Soundbite
Nama
Mahasiswa thailand
“patani selatan itu seperti nanggroe aceh darusalam/ yang menghendaki masyarakat yang islami//Tapi pemerintah tidak mendirikan universitas islam di patani”
15
9
Orang naik pesawat.
Kondisi tersebut/menyulut semangat pemuda patani untuk menuntut keilmuan islam di berbagai penjuru dunia/seperti mesir/malaysia dan indonesia//suatu saat mereka bercita-cita untuk kembali dan membangun tanah air mereka//
20
10
Cue : Suasana kota bandung, jakarta, yogyakarta
Ada tiga kota besar di indonesia yang banyak diminati mahasiswa thailand untuk menimba ilmu/ diantaranya jakarta/ bandung/ dan yogyakarta//yogyakarta sebagai ikon kota pendidikan di indonesia/menjadi serbuan utama mahasiswa thailand yang ingin belajar di indonesia.
20
11
Cue : Gedung-gedung kampus di yogyakarta
Persebaran mahasiswa thailand di yogyakarta tersebar diberbagai kampus ternama di jogya/seperti UGM/UNY/UII/UAD/UMY/dan UIN Sunan Kalijaga// alasan mereka memilik universitas umum atau islam/karena mayoritas mahasiswa thailand berasal dari distrik patani/thailand selata/yang notabenya komunitas muslim//
25
12
Cue : Orang membawa bendera Thailand masuk UIN Sukijo
Sebagai kampus islam negeri/UIN sunan kalijaga menjadi salah satu yang paling diminati dibanding kampus lainya//selain sejalan dengan keyakinan mereka/biaya perkuliahan yang murah sangat cocok dengan kondisi ekonomi mereka yang didominasi petani//
20
13
Cue : Mahasiswa Thailand berkumpul di asrama
Mereka/ mahasiswa thailand di DIY memiliki perkumpulan untuk mewadahi/ mengembangkan kreatifitas/ serta seni budaya thailand// organisasi tersebut bernama Persatuan Mahasiswa Islam Patani Selatan Thailand Indonesia Yogyakarta(PEMIPTIY)// asrama yang terletak di perum gowok tersebut/ menjadi urat nadi dari gerakan mahasiswa thailand di DIY//
30
14
Cue : Mahasiswa patani beraktifitas di kampus
Sebagai kampus islam negeri/UIN Sunan Kalijaga menjadi salah satu yang paling diminati dibanding kampus lainya//selain sejalan dengan keyakinan mereka/biaya perkuliahan yang murah sangat cocok dengan kondisi ekonomi mereka yang didominasi petani/mengingat mereka tidak dibiayai pihak manapun
20
15
Cue : Seorang mahasiswa thailand berinteraksi dengan translater
Dengan sekuat tenaga/mereka berupaya untuk beradaptasi dengan lingkungan baru yang ada di indonesia// cuaca/budaya dan kondisi sosial yang berbeda tidak menyurutkan niat mereka untuk tinggal dan menuntut ilmu di Yogyakarta//
30
16
Cue : Mahasiswa thailand terlihat kesulitan di kelas.
Dari sekian banyak hal baru/ yang paling menyulitkan adalah beradaptasi dengan bahasa indonesia// dikelas/mereka kerap tidak memahami penjelasan yang diberikan dosen// dalam lingkungan pergaulanpun/ mereka kerap kesulitan dalam bersosialisasi akibat keterbatasan bahasa tersebut
30
17
Cue : Soundbite
Nama
Mahasiswa thailand
“kami sulit bekomunikasi// tapi sayangnya UIN kurang memfasilitasi kami// kami berharap UIN bisa mengadakan pelatihan bahasa indonesia/terutama bagi yang baru itu//”
20”
18
Cue : Soundbite
Nama
Mahasiswa UIN indonesia

20”
19
Cue : Soundbite
Nama
Dosen

20”
20
Cue : Mahasiswa thailand melompat bersama.

30”



Comments

Popular posts from this blog

Menyiapkan Ikan Arwana untuk Kontes Ala Iseereds Jakarta

Bibit Ikan Arwana Iseereds Jakarta foto Fedrik/Jawa Pos Setiap kontestasi selalu menuntut lebih untuk menjadi yang terbaik. Pun sama halnya dengan arwana super-red. Mempersiapkan mereka agar siap ”diadu” membutuhkan atensi, waktu, dan modal jauh lebih besar daripada untuk sekadar pajangan. --- ADA serangkaian proses dan tahapan yang wajib dilalui dalam menyiapkan arwana kontes. Karena sifatnya wajib, satu proses saja yang tidak maksimal hampir dipastikan hasilnya tidak akan maksimal. Pendiri Iseereds Jakarta Michael Leonard memaparkan, proses melahirkan arwana super-red jempolan bahkan harus dimulai sejak pemilihan bibit. Biasanya, para pemburu mencari bibit dengan anatomi bagus dan seunik mungkin. Misalnya, kepala dengan kontur sendok yang sempurna. Kemudian sirip dayung yang panjang hingga ekor besar yang memunculkan aura gagah. ”Masalahnya, hunting ikan dengan anatomi bagus itu nggak gampang. Karena orang sudah rebutan,” ujarnya saat ditemui di kediamannya di Sunter, Jakarta Utara,

Hadits-hadits Dakwah

  Kewajiban Dakwah 1)       مَنْ دَلَّ عَلَى خَيْرٍ فَلَهُ مِثْلُ أَجْرٍ فَاعِلِهِ (رواه مسلم) “Barang siapa yang menunjukkan kepada suatu kebaikan, maka baginya pahala seperti orang yang melaksanakannya” 2)       مَنْ رَأَى مِنْكُمْ مُنْكَرًا فَلْيُغَيِّرْهُ بِيَدِهِ فَإِنْ لَمْ يَسْتَطِعْ فَبِلِسَانِهِ فَإِنْ لَمْ يَسْتَطِعْ فَبِقَلْبِهِ وَذَلِكَ أَضْعَفُ الْإِيمَانِ . ( وراه صحيح مسلم) Rasulullah pernah bersabda: “ Barangsiapa yang melihat kemungkaran, maka cegahlah dengan tanganmu, apabila belum bisa, maka cegahlah dengan mulutmu, apabila belum bisa, cegahlah dengan hatimu, dan mencegah kemungkaran dengan hati adalah pertanda selemah-lemah iman ” HUKUM BERDAKWAH 1)       اَنْفِذْ عَلَى رَسُلِكَ حَتَّى تَنْزِلَ بِسَاحَتِهِمْ ثُمَّ اُدْعُهُمْ إِلَى الإِسْلاَمِ وَأَخْبِرْهُمْ بـِمَا يَجِبُ عَلَيْهِمْ مِنْ حَقِّ اللهِ فِيْهِ فَوَاللهِ لِأَنْ يَهْدِيَ اللهُ بِكَ رَجُلاً وَاحِداً خَيْرٌ لَكَ مِنْ أَنْ يَكُوْنَ لَكَ حُمْرُ النَّعَمِ )  (رواه البخارى) “Aj

Ayat dan Hadits Tentang Komunikasi Efektif

Bab I Pendahuluan Dalam perspektif Islam, komunikasi merupakan bagian yang tak terpisahkan dalam kehidupan manusia karena segala gerak langkah kita selalu disertai dengan komunikasi. Komunikasi yang dimaksud adalah komunikasi yang islami, yaitu komunikasi berakhlak al-karimah atau beretika. Komunikasi yang berakhlak al-karimah berarti komunikasi yang bersumber kepada Al-Quran dan hadis (sunah Nabi).  Dalam Al Qur’an dengan sangat mudah kita menemukan contoh kongkrit bagaimana Allah selalu berkomunikasi dengan hambaNya melalui wahyu. Untuk menghindari kesalahan dalam menerima pesan melalui ayat-ayat tersebut, Allah juga memberikan kebebasan kepada Rasulullah untuk meredaksi wahyu-Nya melalui matan hadits. Baik hadits itu bersifat Qouliyah (perkataan), Fi’iliyah (perbuatan), Taqrir (persetujuan) Rasul, kemudian ditambah lagi dengan lahirnya para ahli tafsir sehingga melalui tangan mereka terkumpul sekian banyak buku-buku tafsir.